LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • Dikunjungi sebanyak : 105031 kali
PERINGATAN HARI KARTINI DI ERA LAKI-LAKI.
Ditulis oleh : Staf YHT Bid. Publikasi

26 April 2019 - 05:19:32 WIB

Surabaya,(25/4)

Sekolah Menengah Khusus Angkatan Laut SMK KAL-1 Surabaya memiliki siswa 779 yang kebanyakan siswanya adalah  laki-laki, sementara siswa perempuan hanya 31, jadi kurang dari 4% . Namun demikian mereka tidak ketinggalan untuk mengenang kebesaran perjuangan  RA Kartini. Untuk itulah Kamis, (25/4) siswa SMK KAL-1 yang di motori oleh pengurus OSIS menggelar upacara Peringatan Hari Kartini meski agak terlambat. Keterlambatan peringatan  Hari Kartini kali ini karena kondisi sekolah pada saat ini  masih berlangsung Ujian Kompetensi Keahlian ( UKK ) bagi siswa kelas XII.

  Peserta upacara terdiri dari siswa kelas X semua jurusan dan  dua kelas XI karena ada beberapa kelas yang sedang kerja praktek di luar/ PSG. Bertindak  selaku Inspektur Upacara Tri Diah Hari, S.Pd yang kesehariannya sebagai guru mata pelajaran PKn,  sedangkan komandan upacara siswi  Kholidah Qurrota Ayyu Nina kelas  X TAV.

  Irup saat tiba di mimbar langsung memberi salam kepada seluruh siswanya  dan di jawab dengan sangat kompak dengan yel-yel  khas SMK KAL-1. Sebelum menyampaikan beberapa pesan di hari  Kartini , Guru PKn  yang baru untuk pertama kali menjadi Irup di sekolahan ini, langsung memberi penekanan kepada seluruh siswa SMK KAL-1 bahwa peringatan Hari Kartini  untuk meneruskan  cita-cita luhur  R.A Kartini dimana  ia ingin melihat perempuan pribumi dapat menuntut ilmu dan belajar seperti sekarang ini. Gagasan-gagasan baru mengenai emansipasi atau persamaan hak wanita pribumi olah Kartini, dianggap sebagai hal baru yang dapat merubah pandangan masyarakat. Selain itu, tulisan-tulisan Kartini juga berisi tentang  makna Ketuhanan, Kebijaksanaan dan Keindahan, peri kemanusiaan dan juga Nasionalisme.

R.A Kartini, beliau lahir pada tanggal 21 April tahun 1879 di Kota Jepara,  sebagai pahlawan  Nasional khususnya bagi kemajuan Wanita Indonesia sampai saat ini masih tiada taranya.  Kita sebagai generasi penerus bangsa sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kepahlawanan tersebut. Untuk itu  SMK KAL-1 melalui peringatan Hari Kartini tahun 2019 mengadakan  terobosan baru berupa  lomba fashion dan menghias nasi kuning .

Lomba Fashion dan menghias Nasi kuning  tersebut dilaksanakan di halaman SMK KAL-1  Kamis,(25/4) se usai upacara peringatan Hari Kartini. Lomba fashion dan menghias nasi kuning ini tentunya sangat menarik bagi siswa-siwi SMK KAL-1 karena pesertanya kebanyakan adalah siswa laki-laki. seluruh kelas wajib mengikuti lomba  Fashion .   Yang jadi unik dan menarik tentunya karena 3  penilai  terdiri dari Kepala Sekolah  sendiri  Drs. Burhan ,M.Pd ,  Alifah Febri Khairina, S.Pd dan Anis Sulistiyaning Budi, S.Pd.

Berhasil keluar sebagai juara merangkai nasi kuning, juara 1 diraih  kelas XTPM B, Juara  2 di raih kelas X TITL. Untuk Fashion  juara1 Saipul  kelas X TPM B dan juara 2 Gagas kelas X TPM A. Sedangkan the best costum , juara 1 Satria kelas X TKR dan juara 2  Alfred dan Ardian dari kelas X TPM A . Dan sebagai  The Best Costum Kartini di raih oleh  Nova Dwi dari kelas X TAV.

Ketua penyelenggara peringatan Hari Kartini 2019,  Ayunda Putri Hapsari kelas X TAV bersama seluruh pengurus OSIS SMK KAL-1 meskioun tanpa persiapan yang matang, namun berhasil menyelenggarakan kegiatan ini dengan baik. Tentu saja keberhasilan ini tidak lepas dari pembinaan dari managemen sekolah.

Sebagai akhir dari rangkaian peringatan Hari Kartini tahun 2019 dilaksanakan foto bersama Kepala Sekolah, Guru , Staf dan siswa di lapangan apel SMK KAL-1 (YHT/dar).





comments powered by Disqus